Halaman

Rabu, 10 April 2013

Tempat Wisata Exotic di Blitar

CANDI PENATARAN

Blitar merupakan salah satu daerah di Wilayah Propinsi Jawa Timur yang secara geografis terletak diujung Selatan Jawa Timur. Kabupaten ini juga merupakan daerah kelahiran Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno. Daerah ini adalah daerah yang nyaman dan dikenal sebagai letak candi Hindu tua yaitu Candi Penataran.

Kota Blitar memiliki Sesanti "KRIDDHO HANGUDI JAYA"
(Bekerja Keras Untuk mencapai kejayaan) dengan Motto "BLITAR KOTA PATRIA" (Blitar Pembela Tanah Air yang tertip Rapi, Indah dan Aman), juga dikenal pula sebagai Kota Pahlawan, Kota Pelajar, dan Kota yang Aman Damai Kota yang Aman Damai.

Dalam Upaya membangun iklim yang kondusif sebagai Kota Patria yang didukung oleh sistem perdagangan barang dan jasa unggulan, Pemerintah Kota Blitar memiliki sektor pariwisata sebagai primadona untuk mengembangkan ekonomi daerah.

Selain itu, Blitar juga tak kalah dengan kabupaten lain yang mempunyai obyek wisata. Beberapa obyek wisata Blitar yang telah dikenal banyak masyarakat antara lain adalah; Candi Penataran yang merupakan candi Hindu tua, Pantai Tambakrejo dengan deburan ombaknya yang fantastis, Pantai Serang yang sering mengadakan upacara Larung Sesaji, Makam Soekarno yang merupakan salah satu obyek wisata religi di Blitar, kegiatan tradisional di Blitar seperti Grebeg Pancasila, dll.

SUMDER UDEL

Pemandian Sumber Udel telah berstandart Nasional karena mempunyai 2 jenis kolam renang, yaitu kolam renang untuk anak-anak dan kolam renang untuk dewasa.

Kolam renang Sumber Udel ini juga mempunyai beberapa fasilitas antara lain:
1. Tempat bermain anak-anak
2. Panggung Gembira dengan menampilkan kesenian khas Blitar setiap tahun
3. Tempat parkir yang representatif
4. Persewaan dan penitipan alat-alat renang

Kolam renang ini biasanya dikunjungi oleh banyak orang karena kolam renang ini mempunyai air yang bersih dan segar. Kunjungilah kolam renang ini dan nikmati kesegaran airnya.

PANTAI SERANG

Pantai Serang terletak di desa Serang, kecamatan Panggungrejo, sekitar 40 km dari kota Blitar. Setiap bulan Suro, diadakan upacara di pantai ini. Pantai ini juga sering digunakan untuk memperkirakan bulan Ramadhan dan menentukan hari Raya Idul Fitri.

Pantai Serang merupakan pantai alam yang indah. Terbentang pasir putih sepanjang pantainya. Pengunjung dapat melakukan banyak kegiatan di pantai ini seperti berenang, berjemur, memancing, berperahu, dll. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terkenal di kabupaten Blitar. Kunjungi pantai Blitar dan anda akan menemukan pengalaman baru yang tak terlupakan sepanjang perjalanan anda. Selain itu, para pengunjung juga akan menyaksikan upacara tradisional di pantai ini yang digelar setiap tahunnya.

UPACARA LARUNG SESAJI

Upacara Larung Sesaji diadakan setiap tanggal 1 bulan Suro di laut selatan, pantai Tambakrejo, kecamatan Wonotirto. Upacara Larung Sesaji diadakan untuk mengucapkan rasa syukur dan do’a pada Tuhan yang telah memberikan hasil laut dan keselamatan pada para nelayan.

Upacara ini diikuti oleh hampir seluruh penduduk disekitar pantai. Mereka membawa sesaji berupa Tumpeng dan menghanyutkannya di laut selatan. Sesaji itu merupakan simbol dari ucapan syukur atas berkah yang mereka dapatkan dari Tuhan.

KEBON ROJO

Masyarakat Blitar kini memang memiliki tempat wisata baru yakni Taman Wisata Kebonrejo yang terletak di jantung Kota Blitar, tepatnya disebelah barat perumahan dinas walikota Blitar. Meski taman Kebonrejo itu merupakan hasil renovasi taman sebelumnya, namun kehadiran taman yang didesain sangat cantik itu kini telah menjadi tempat wisata alam yang asri.

Kehadiran taman wisata Kebonrojo tentunya sangat membanggakan warga Blitar, karena keberadaanya memang sangat diharapkan oleh masyarakat Blitar maupun masyarakat luas yang berasal dari luar kota. Pasalnya, meski di Blitar telah terdapat beberapa lokasi wisata, namun Taman Wisata Kebonrojo merupakan taman yang sangat cocok bagi keluarga muda karena dikawasan taman dilengkapai dengan berbagai mainan , kebun binatang dan patung hewan besar.

Hampir disetiap hari, taman wisata kebonrojo tidak pernah sepi pengunjung, baik pagi siang mapun malam, apalagi jika hari Minggu atau musim libur jumlah pengunjung meningkat. Bahkan pada hari-hari tertentu, taman kebonrojo sering dijadikan tempat acara anak-anak seperti lomba melukis anak, hiburan anak-anak dsb. Bahkan, dikawasan taman juga disediakan mobil sewaan bagi anak-anak , belum lagi dengan para pedagang kaki limanya yang siap menghidangkan berbgai masakan siap saji tentunya sangat mewarnai keindahan taman wisata alam yang nampak rimbun itu, karena hampir area taman dipenuhi oleh pohon-pohon pelindung.

Ajang Promosi.

Taman Kebonrojo ternyata tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata keluaga, namun juga sering dimanfaatkan untuk ajang promosi produk unggulan Kota Blitar. Sejumlah produk unggulan dari Kota Blitar yang beberapa waktu yang lalu diantranya pameran ikan hias, seperti KOI. Kota Blitar memenga dikenal sebagai pemasok ikan hias KOI ditingkat nasional. Dengan seringnya tam,an wisata kebonrojo dijadikan arena promosi tentunya keberadaan taman kebon rojo lebih cepat dikenal olah masyarakat secara luas.

Betul, taman wisata kebonrojo kinintidak hanya diminati oleh warga kota Blitar saja, namun juga masyarakat luar kota. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengunjung dari hari kehari jumlah pengunjung yang hendak menikmati keindahan taman kebonrejo terus meningkat. Apalagi pihak Pemkot Blitar terus menambah fasilitas taman, seperti aksesoris lampu hias, mainan anak-anak, kebon binatang, patung-patung besar , seperti patung gajah kuda yang sering dinaiki oleh anak-anak untuk bermain maupun untuk ambil gambar.

Demikian pula keindahan taman terus nampak bersih dan rapi, itu tidak lepas dari kegigihan petugas dalam mengawal keberadaan taman, padahal diarea taman selalu ada pengunjung meski jumlahnya tidak menentu. Bahkan pada malam hari sering digunakan untuk panggung hiburan, tentu saja pada hari-hari gembira itu jumlah pengunjung meningkat tajam trutama dari kalangan kaula muda.

Selama masyarakat Kota Blitar memang agak kesulitan untuk mendapatakan lokasi wisata
alam yang asri dan sejuk, meski ada mereka harus pergi luar kota tentunya akan menambah kocek mereka. Kini, taman wisata kebonrojo merupakan taman wisata alternatif warga kota Blitar. Hampir disetiap saat kini mereka dapat menikmati sejuknya taman kebonrejo bersama keluarga dan orang-orang yang dicintainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar